Mazoola dan Ratusan Hewan Langka

WISATA pantai memang menyenangkan bagi siapa saja. Namun, jika di Wahana Bahari Lamongan (WBL) Anda jangan cepat puas dulu setelah menikmati segarnya alam pesisir dengan udaranya yang khas. Anda akan merasa rugi jika tidak mampir ke Maharani Zoo Gua (Mazoola). Bukan karena termasuk satu kompleks dan berjarak hanya 300 meter dari WBL, Mazola juga menawarkan wisata edukasi.

Pengunjung bisa melihat-lihat Gua Maharani yang sudah kesohor di Jawa Timur dan Jawa Tengah tersebut. Keindahan stalagmit dan stalaktitnya tak kalah dengan gua-gua lain yang ada di Pulau Jawa. Yang lebih unik lagi, Mazoola juga menawarkan wisata fauna, berupa kebun binatang mini. Puluhan spesies dan ratusan hewan yang tergolong langka dan dilindungi bisa dijumpai di sana.

Tidak hanya hewan lokal, ratusan hewan didatangkan darimancanegara seperti Afrika Selatan, Amerika, dan Republik Ceko. Sejumlah hewan langka yang menarik perhatian di antara adalah singa putih, caracal, dan seruai cats dari Afrika Selatan serta coati di dari Republik Ceko.


Direktur PT Bumi Lamongan Sejati-sebuah perusahaan yang dikelola Pemkab Lamongan–Aris Wibawa menjelaskan, kedatangan ratusan hewan eksotis dari luar negeri terse-but khusus untuk menyambut datangnya musim liburan. Menurutnya, hewan-hewan itu juga akan melengkapi koleksi Mazoola yang sudah ada sebelumnya. “Kita harapkan dengan penambahan koleksihewan tersebut rriembuat pengunjung Mazoola, terutama dari kalangan pelajar akan bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan tentang dunia hewan yang tidak ditemui di tempat lain,” tandasnya.

Sebab, lanjutnya, hewan-hewan yang ada tersebut tergolong hewan langka dan eksotis. Itu sesuai dengan konsep wisata entertainment and education yang diusung Mazoola. Di sana Anda bisa menjumpai dua ekor singa putih (Panthera leo) dari Afrika Selatan yang tergolong jenis singa albino. Dua lainnya jenis caracal (Caracal caracal) yang juga sering disebut kucing lynx karena memiliki kemiripan dengan kucing lynx yang memiliki telinga unik berantena.

Untuk seruai cats (Leptalltttus seruai) juga memiliki keunikan tersendiri. Karena jika tidak cermat, pasti akan mengira hewan ini cheetah. “Seruai jika dilihat seksama memiliki pola bintik-bintik seperti cheetah. Narnun, dengan ukuran tubuh lebih kecil daripada cheetah,” terang seorang penjaga Mazoola.

Semua hewaiy ang didatangkan itu ada yang berkelamin jantan dan betina. Sebelum kedatangan hewan-hewan itu, Mazoola sudah memiliki koleksi sejumlah binatang unik seperti ular putih, burung merak putih, dan landak putih yang ditempatkan di Puri Albino. Sebagian hewan baru yang berasal dari Afrika Selatan di antaranya kudu, blesbuck, impala, gemsbuck, nyala, dan springbuck. Sementara itu, yang berasal dari Benua Amerika seperti lama, ferret, racoon, zebra, minihorse, dan nilgai juga ada. Adapun yang berasal dari Republik Ceko hanya dua jenis binatang, yakni tiga ekor bennet wallabies dan coatimundi. Mazoola sendiri menempati areal seluas 2,7 hektare. Menurut pihak manajemen, koleksi faunanya akan terus ditambah. (YK/M-1)
Source :  http://bataviase.co.id/node/372509

About uzicknamasthe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: