Pesona Wisata Bahari Lamongan

UDARA pantai yang khas dan hembusan kencang angin laut langsung menyapa saat Anda memasuki lokasi wisata bahari di Lamongan, Jawa Timur. Berada di jalur pantai utara jawa (pantura) tepatnya di Kecamatan Paciran, Lamongan, lokasi wisata ini lebih dikenal dengan Wisata Bahari Lamongan (WBL).

Masyarakat Lamongan dan sekitarnya, Babat, Gresik, Tuban, Surabaya dulu mengenal tempat itu sebagai sebuah pantai berpasirputih dan bertanjung. Yang paling dikenang yakni adanya sejumlah batu yang menghadap ke laut.

Batu berwana hijau kehitaman itu jika diamati berbentuk seperti binatang katak (kodok). Sehingga pantai tersebut dikenal dengan sebutan Tanjung Kodok. Namun seiring dengan pembangunan wisata di Kabupaten Lamongan, Pantai Tanjung Kodok kini lebih enak disebut ‘WBL’, saja.

Di destinasi itu, yang ditawarkan tidak saja panorama pantainya yang diiringi gelombang ombaknya yang cukup tinggi. Kini berbagai wahana hiburan lengkap bisa dinikmati oleh anak-nak hingga orang dewasa.

Pantai yang dulunya hanya ramai dikunjungi saat malam minggu atau hari-hari besar tertentu kini dipastikan tidak hanya pada waktu-waktu tersebut. Lebih ramai lagi, sepekan setelah lebaran Idul Fitri dipastikan WBL akan menjadi sasaran wisatawan dari berbagai daerah.
Sejak 2004, tempat wisata ini sudah disulap sedemikian rupa hingga menjadi tempat yang lebih mengedepankan nuansa-nuansa rekreatifdan hiburan.

Mengambil perpaduan konsep wisata bahari dan dunia wisata dalam areal seluas 11 hektare WBL tidak hanya menawarkan nuansa pantai. Berbagai wahana permainan juga bisa dijumpai di sana. Bahkan dalam dua tahun belakangan ini sedikitnya 3 wahana baru dalam setiap tahunnya terus ditambah. Pengnjung pun seperti dimanjakan dengan adanya berbagai wahana rekreasi tersebut.

Di lokasi wisata yang terletak di Jalan Raffles-Deandles ini tersedia pula sejumlah fasilitas pendukung diantaranya Pasar Hidangan, Pasar Wisata, Pasar Buah, dan Pasar Ikan. Tidak sedikit setelah puas berkeliling menikmati berbagai wahana di WBL para pengunjung bisa berbelanja berbagai keperluan atau sekadar menikmati berbagai jajanan termasuk jajanan lokal.

Sebagai tempat wisata modern, WBL sudah dilengkapi sarana dan prasarana umum seperti musola, klinik, dan sejumlah anjungan tunai mandiri (ATM), toilet hingga tempat parkir seluas dua hektare dan lain sebagainya.

Ragam wahana
Di lokasi ini, Anda akan mendapati 21 wahana permainan baik yang diperuntukkan kepada anak-anak hingga orang dewasa. Ke 21 wahana tersebut diantaranya studio bioskop tiga dimensi. Ada arena ketangkasan bagi pengunjung yang hobi tantangan.

Wahana lainnya seperti flaying fox, galeri kapal dan kerang, gokart, serta istana bawah laut juga bisa dinikmati di sini.
Pada wahana istana bawah laut ini, para pengunjung terutama anak-anak dapat bermain sepuasnya dengan berbagai permainan yang ada diantaranya kereta api, dan mobil-mobilan.

Menginjak pada arena pantai, sejumlah wahana juga telah siap menyambut Anda diantaranya motor cross dan ATV, permainan air, playground pasir dan playground remaja. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa berenang di kolam renang yang cukup luas untuk sekadar melepas gerah karena panasnya udara laut. Dan masih banyak wahana lainnya.

Setelah puas berkeliling wahana, di sana ada lokasi istirahat yang langsung menghadap ke laut. Suasana romantis akan terasa saat memasuki sore hari. Sunsite yang menghiasi panorama pantai semakin menambah keindahan lokasi wisata ini.

Pada posisi ini, Anda bisa memesan makanan yang ada di rumah makan tak jauh dari tempat peristirahatan. Selain rumah makan itu, di tengah WBL juga disediakan semacam cafe bernuansa Mexico, di dalamnya telah disediakan berbagai keperluan, juga disiapkan permainan ketangkasan.

Bercermin sebagai kota religi, di lokasi wisata ini Anda bakal mendapati Anjungan Walisonggo. Pada anjungan ini, terdapat miniatur makam (tempat peristirahatan terakhir) para wali penyebar agama Islam di Pulau Jawa ini.

Jadi jika Anda datang dari jauh rasanya tidak sia-sia sebab di situ secara lengkap bisa menikmati wisata bahari dan wahana modern serta sejarah wali di Kota Lamongan, Jawa Timur.(M-1)

Source : http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/index.php/read/2010/09/05/1303/2/Pesona-Wisata-Bahari-Lamongan

About uzicknamasthe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: